Materi SD/MI - Materi SD Kelas 1 Semester 1 Tema 2 Kegemaranku Sub Tema 1 Aku Istimewa, Materi Pokok SD Kelas 1 Semester 1 terdiri dari 6 Pembelajaran Pada Materi Tema 2 Kegemaranku Sub Tema 1 Gemar Berolahraga. Materi SD Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku Sub Tema 1 Gemar Berolahraga Pembelajaran ke 4.
Materi SD Kelas 1 Tema 2 Sub Tema 1 Kegemaranku
Sub Tema 1 Kegemaranku
Materi Pembelajaran 4
1. Jenis-jenis olahraga
2. Gerakan bermain simpai
3. Perbedaan bunyi alam dan bunyi buatan
Tujuan Pembelajaran Materi
1. Setelah membaca dan memahami teks, siswa dapat memilih kosakata tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dalam suatu kalimat dengan tepat.
2. Melalui kegiatan bercerita tentang manfaat olahraga, siswa dapat mempraktikkan cara menggunakan kosakata tentang olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dalam suatu kalimat dengan tepat.
3. Dengan menyimak teks dan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan bermain simpai dengan tepat.
4. Melalui kegiatan menirukan gerakan yang diamati dari gambar dan dibantu instruksi guru, siswa dapat mempraktikkan prosedur gerakan bermain simpai dengan tepat dan percaya diri.
5. Setelah mengidentifikasi alat-alat yang mengeluarkan bunyi, siswa mampu membedakan bunyi alam dan bunyi buatan dengan tepat.
6. Dengan kegiatan menirukan, siswa dapat memeragakan bunyi buatan.
Kegiatan Materi Pembelajaran 4
1. Siswa diminta membaca nyaring teks “Olahraga”.Setelah membaca, siswa diminta mengamati gambar yang menyertai teks.
2. Siswa diberi kesempatan dan waktu untuk bertanya dan mengutarakan pendapatnya mengenai teks dan makna gambar.
3. Guru membacakan kalimat satu persatu.
4. Setiap satu kalimat selesai dibacakan, siswa diberi kesempatan untuk mengidentifikasi kalimat dengan memberi tanda centang jika kalimat tersebut sesuai dengan teks dan membiarkan kotaknya kosong jika kalimat tersebut tidak sesuai dengan isi teks “Olahraga”.
5. Setelah semua siswa selesai mengerjakan, guru melakukan konfirmasi tentang tugas yang diselesaikan siswa.
6. Siswa diajak untuk mengamati kotak-kotak yang ada di kegiatan berikutnya.
7. Siswa diminta melingkari kata yang berhubungan dengan olahraga.
8. Siswa diajak untuk mengulas kembali ide pokok teks “Olahraga”. Guru memancing partisipasi siswa dengan mengajukan pertanyaan seperti berikut.
a. Apa manfaat olahraga?
b. Mengapa kita harus berolahraga?
9. Kemudian, siswa diminta bercerita tentang manfaat olahraga dengan bantuan gambar.
10. Siswa menyimak teks yang dibacakan oleh guru dan diarahkan untuk mengamati gambar.
11. Siswa menyerap informasi yang disampaikan guru melalui teks dan gambar.
12. Siswa diberi kesempatan dan waktu untuk bertanya dan mengutarakan pendapatnya mengenai teks dan makna gambar.
13. Siswa mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa.
14. Guru memberikan contoh gerakan permainan simpai seperti dalam gambar.
15. Siswa diminta untuk mencoba melakukan gerakan yang sudah dicontohkan.
16. Guru juga mencontohkan variasi gerakan lain dalam bermain simpai.
17. Siswa dipandu untuk melakukan gerakan tersebut satu per satu.
18. Guru mengamati gerakan setiap siswa dan mengoreksi jika ada kekeliruan-kekeliruan siswa dalam melakukan gerakan tersebut.
19. Siswa diminta menebalkan nama-nama benda.
20. Setelah itu, siswa memeragakan bunyi salah satu benda yang telah disebutkan.
Materi SD Kelas 1 Tema 2 Sub Tema 1 Kegemaranku
Sub Tema 1 Kegemaranku
Materi Pembelajaran 4
1. Jenis-jenis olahraga
2. Gerakan bermain simpai
3. Perbedaan bunyi alam dan bunyi buatan
Tujuan Pembelajaran Materi
1. Setelah membaca dan memahami teks, siswa dapat memilih kosakata tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dalam suatu kalimat dengan tepat.
2. Melalui kegiatan bercerita tentang manfaat olahraga, siswa dapat mempraktikkan cara menggunakan kosakata tentang olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dalam suatu kalimat dengan tepat.
3. Dengan menyimak teks dan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan bermain simpai dengan tepat.
4. Melalui kegiatan menirukan gerakan yang diamati dari gambar dan dibantu instruksi guru, siswa dapat mempraktikkan prosedur gerakan bermain simpai dengan tepat dan percaya diri.
5. Setelah mengidentifikasi alat-alat yang mengeluarkan bunyi, siswa mampu membedakan bunyi alam dan bunyi buatan dengan tepat.
6. Dengan kegiatan menirukan, siswa dapat memeragakan bunyi buatan.
Kegiatan Materi Pembelajaran 4
1. Siswa diminta membaca nyaring teks “Olahraga”.Setelah membaca, siswa diminta mengamati gambar yang menyertai teks.
2. Siswa diberi kesempatan dan waktu untuk bertanya dan mengutarakan pendapatnya mengenai teks dan makna gambar.
3. Guru membacakan kalimat satu persatu.
4. Setiap satu kalimat selesai dibacakan, siswa diberi kesempatan untuk mengidentifikasi kalimat dengan memberi tanda centang jika kalimat tersebut sesuai dengan teks dan membiarkan kotaknya kosong jika kalimat tersebut tidak sesuai dengan isi teks “Olahraga”.
5. Setelah semua siswa selesai mengerjakan, guru melakukan konfirmasi tentang tugas yang diselesaikan siswa.
6. Siswa diajak untuk mengamati kotak-kotak yang ada di kegiatan berikutnya.
7. Siswa diminta melingkari kata yang berhubungan dengan olahraga.
8. Siswa diajak untuk mengulas kembali ide pokok teks “Olahraga”. Guru memancing partisipasi siswa dengan mengajukan pertanyaan seperti berikut.
a. Apa manfaat olahraga?
b. Mengapa kita harus berolahraga?
9. Kemudian, siswa diminta bercerita tentang manfaat olahraga dengan bantuan gambar.
10. Siswa menyimak teks yang dibacakan oleh guru dan diarahkan untuk mengamati gambar.
11. Siswa menyerap informasi yang disampaikan guru melalui teks dan gambar.
12. Siswa diberi kesempatan dan waktu untuk bertanya dan mengutarakan pendapatnya mengenai teks dan makna gambar.
13. Siswa mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa.
14. Guru memberikan contoh gerakan permainan simpai seperti dalam gambar.
15. Siswa diminta untuk mencoba melakukan gerakan yang sudah dicontohkan.
16. Guru juga mencontohkan variasi gerakan lain dalam bermain simpai.
17. Siswa dipandu untuk melakukan gerakan tersebut satu per satu.
18. Guru mengamati gerakan setiap siswa dan mengoreksi jika ada kekeliruan-kekeliruan siswa dalam melakukan gerakan tersebut.
19. Siswa diminta menebalkan nama-nama benda.
20. Setelah itu, siswa memeragakan bunyi salah satu benda yang telah disebutkan.