Materi SD/MI - Materi SD Kelas 1 Semester 1 Tema 2 Kegemaranku Sub Tema 1 Aku Istimewa, Materi Pokok SD Kelas 1 Semester 1 terdiri dari 6 Pembelajaran Pada Materi Tema 2 Kegemaranku Sub Tema 1 Gemar Berolahraga. Materi SD Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku Sub Tema 1 Gemar Berolahraga Pembelajaran ke 3.
Materi SD Kelas 1 Tema 2 Sub Tema 1 Kegemaranku
Sub Tema 1 Kegemaranku
Materi Pembelajaran 3
1. Jenis-jenis olahraga
2. Aturan di rumah
3. Penjumlahan dua bilangan
Tujuan Pembelajaran Materi
1. Setelah mengamati gambar jenis-jenis olahraga, siswa dapat menambah kosakata tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dengan tepat.
2. Melalui kegiatan melengkapi kalimat rumpang, siswa dapat memilih kosakata tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dalam suatu kalimat dengan tepat dan percaya diri.
3. Dengan kegiatan bercerita berdasarkan gambar, siswa dapat mempraktikkan cara menggunakan kosakata tentang olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dalam suatu kalimat dengan tepat.
4. Setelah menyimak cerita yang dibacakan oleh guru, siswa dapat memahami hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan di rumah kemudian dapat menuliskannya dengan tepat.
5. Dengan peragaan di depan kelas, siswa mampu mempraktikkan salah satu contoh kegiatan yang boleh dilakukan di rumah dengan tepat dan percaya diri.
6. Melalui kegiatan mengamati gambar, siswa dapat melakukan penjumlahan dua bilangan dengan hasil maksimal 10 dengan teknik tanpa menyimpan dengan bantuan benda konkret dengan tepat.
7. Dengan membuat cerita penjumlahan dari pengalaman dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan.
Kegiatan Materi Pembelajaran 3
1. Siswa mengamati gambar jenis-jenis olahraga pada buku siswa dan membaca nyaring nama-nama olahraga tersebut.
2. Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan sebagai berikut.
a. Tahukah kamu jenis-jenis olahraga lainnya?
b. Sebutkan olahraga yang kamu ketahui.
3. Siswa distimulasi untuk melakukan diskusi kelas tentang olahraga yang biasa dimainkan sehari-hari.
4. Siswa membaca kalimat rumpang dan mencari informasi pada gambar yang menyertai setiap kalimat.
5. Siswa mencari kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang di dalam kotak, kemudian mendiskusikannya bersama guru.
6. Siswa mengamati gambar benda-benda yang berhubungan dengan olahraga, lalu menceritakan gambar satu persatu.
7. Siswa menyimak cerita tentang kebiasaan Udin sebelum pergi bermain yang dibacakan oleh guru.
8. Siswa menyerap informasi yang disampaikan guru melalui teks tersebut.
9. Beberapa siswa secara acak menceritakan kebiasaannya masing-masing sebelum pergi bermain.
10. Siswa menceritakan hal-hal yang boleh/harus dilakukan di rumah sebelum bermain ke luar dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan.Siswa yang selesai bercerita, memeragakan salah satu hal yang boleh dilakukan di rumah.
11. Siswa diajak membaca teks tentang jumlah pemain dalam permainan kasti secara bersama-sama.
12. Siswa mengamati gambar di buku siswa, mengingat kembali bilangan 5-10.
13. Siswa mengulang berhitung 1–10 secara bersama-sama.
14. Siswa menghitung orang/benda di dalam gambar, kemudian menuliskan jumlahnya di kotak yang tertera.Setelah itu, siswa mengamati gambar pada halaman selanjutnya.
15. Guru menjelaskan kalimat matematika yang sesuai dengan gambar pertama.
16. Siswa diminta mengerjakan soal-soal selanjutnya.
17. Setelah itu, siswa menggambar cerita penjumlahan dalam kehidupan sehari-hari. Guru bisa memberikan contoh dan penjelasan terlebih dahulu.
Misal: Siti memiliki 2 kelereng, Lani memiliki 4 kelereng. Berapakah jumlah kelereng Siti dan Lani?
18. Siswa diminta menceritakan penjumlahannya masing-masing.
19. Guru mengoreksi bila ada kekeliruan yang dilakukan siswa saat membuat kalimat matematika untuk penjumlahan.
Materi SD Kelas 1 Tema 2 Sub Tema 1 Kegemaranku
Sub Tema 1 Kegemaranku
Materi Pembelajaran 3
1. Jenis-jenis olahraga
2. Aturan di rumah
3. Penjumlahan dua bilangan
1. Setelah mengamati gambar jenis-jenis olahraga, siswa dapat menambah kosakata tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dengan tepat.
2. Melalui kegiatan melengkapi kalimat rumpang, siswa dapat memilih kosakata tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dalam suatu kalimat dengan tepat dan percaya diri.
3. Dengan kegiatan bercerita berdasarkan gambar, siswa dapat mempraktikkan cara menggunakan kosakata tentang olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dalam suatu kalimat dengan tepat.
4. Setelah menyimak cerita yang dibacakan oleh guru, siswa dapat memahami hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan di rumah kemudian dapat menuliskannya dengan tepat.
5. Dengan peragaan di depan kelas, siswa mampu mempraktikkan salah satu contoh kegiatan yang boleh dilakukan di rumah dengan tepat dan percaya diri.
6. Melalui kegiatan mengamati gambar, siswa dapat melakukan penjumlahan dua bilangan dengan hasil maksimal 10 dengan teknik tanpa menyimpan dengan bantuan benda konkret dengan tepat.
7. Dengan membuat cerita penjumlahan dari pengalaman dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan.
1. Siswa mengamati gambar jenis-jenis olahraga pada buku siswa dan membaca nyaring nama-nama olahraga tersebut.
a. Tahukah kamu jenis-jenis olahraga lainnya?
b. Sebutkan olahraga yang kamu ketahui.
3. Siswa distimulasi untuk melakukan diskusi kelas tentang olahraga yang biasa dimainkan sehari-hari.
4. Siswa membaca kalimat rumpang dan mencari informasi pada gambar yang menyertai setiap kalimat.
5. Siswa mencari kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang di dalam kotak, kemudian mendiskusikannya bersama guru.
6. Siswa mengamati gambar benda-benda yang berhubungan dengan olahraga, lalu menceritakan gambar satu persatu.
7. Siswa menyimak cerita tentang kebiasaan Udin sebelum pergi bermain yang dibacakan oleh guru.
8. Siswa menyerap informasi yang disampaikan guru melalui teks tersebut.
9. Beberapa siswa secara acak menceritakan kebiasaannya masing-masing sebelum pergi bermain.
10. Siswa menceritakan hal-hal yang boleh/harus dilakukan di rumah sebelum bermain ke luar dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan.Siswa yang selesai bercerita, memeragakan salah satu hal yang boleh dilakukan di rumah.
11. Siswa diajak membaca teks tentang jumlah pemain dalam permainan kasti secara bersama-sama.
12. Siswa mengamati gambar di buku siswa, mengingat kembali bilangan 5-10.
13. Siswa mengulang berhitung 1–10 secara bersama-sama.
14. Siswa menghitung orang/benda di dalam gambar, kemudian menuliskan jumlahnya di kotak yang tertera.Setelah itu, siswa mengamati gambar pada halaman selanjutnya.
15. Guru menjelaskan kalimat matematika yang sesuai dengan gambar pertama.
16. Siswa diminta mengerjakan soal-soal selanjutnya.
17. Setelah itu, siswa menggambar cerita penjumlahan dalam kehidupan sehari-hari. Guru bisa memberikan contoh dan penjelasan terlebih dahulu.
Misal: Siti memiliki 2 kelereng, Lani memiliki 4 kelereng. Berapakah jumlah kelereng Siti dan Lani?
18. Siswa diminta menceritakan penjumlahannya masing-masing.
19. Guru mengoreksi bila ada kekeliruan yang dilakukan siswa saat membuat kalimat matematika untuk penjumlahan.