RPP K13 - Daftar Tanya Jawab Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Jawab:
Guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.
Jawab :
Efisien berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak
menghabiskan banyak waktu dan tenaga.
Efektif berarti penulisan RPP dilakukan
untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Berorientasi pada murid berarti penulisan
RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar
murid di kelas.
Jawab :
Bisa saja, asalkan sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan
berorientasi kepada murid. Tidak ada persyaratan jumlah halaman.
Jawab:
Tidak ada. Guru bebas membuat, memilih,
mengembangkan, dan untuk format penulisan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip
efisien, efektif, dan RPP? berorientasi pada murid.
Jawab:
• Guru dapat tetap menggunakan format RPP yang telah dibuatnya.
•
Guru dapat pu!a memodifikasi format RPP yang sudah dibuat sesuai dengan prinsip
efisien, efektif, dan berorientasi kepada murid.
Jawab:
• Ada 3 komponen inti,
yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah
pembelajaran (kegiatan), dan penilaian pembelajaran (asesmen).
Komponen-komponen lainnya adalah pelengkap.
• Tujuan pembelajaran ditulis
dengan merujuk kepada kurikulum dan kebutuhan belajar murid. Kegiatan belajar
dan asesmen dalam RPP ditulis secara efisien.