RPP BAHASA INDONESIA KELAS 10 KURIKULUM 2013 REVISI
RPP Materi Isi Anekdot
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : Satuan Pendidikan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X / Ganjil
Materi Pokok : Isi Anekdot
Alokasi Waktu : 2 Minggu x 4 Jam pelajaran @45 Menit
A. Kompetensi Inti
- KI-1 dan KI-2 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
- KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
- KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
3.6. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks
anekdot.
|
3.6.1. Mendefinisikan tentang Isi anekdot;
Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan public; Sindiran; Unsur
humor; Kata dan Frasa idiomatis
3.6.2. Mengidentifikasikan tentang Isi anekdot;
Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan public; Sindiran; Unsur
humor; Kata dan Frasa idiomatis
3.6.3. Mengidentifikasi struktur(bagian-bagian
teks) anekdot dan kebahasaan
3.6.4. Mendeskripsikan tentang Isi anekdot; Peristiwa/sosok
yang berkaitan dengan kepentingan public; Sindiran; Unsur humor; Kata dan
Frasa idiomatis
3.6.5. Mengklasifikasikan tentang Isi anekdot;
Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan public; Sindiran; Unsur
humor; Kata dan Frasa idiomatis
3.6.6. Menemukan data dan informasi tentang Isi
anekdot; Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan public; Sindiran;
Unsur humor; Kata dan Frasa idiomatis
3.6.7. Mengeksprolasi temuan data dan informasi
tentang Isi anekdot; Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan
public; Sindiran; Unsur humor; Kata dan Frasa idiomatis
3.6.8. Menyusun kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan
3.6.9. Mentabulasikan hasil eksprolasi data dan
informasi tentang Isi anekdot; Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan
kepentingan public; Sindiran; Unsur humor; Kata dan Frasa idiomatis
3.6.10. Menganalisis tabulasi data dan informasi
tentang Isi anekdot; Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan
public; Sindiran; Unsur humor; Kata dan Frasa idiomatis
3.6.11. Menguraikan hasil analisa data dan informasi
tentang Isi anekdot; Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan
public; Sindiran; Unsur humor; Kata dan Frasa idiomatis
3.6.12. Mengasosiasikan uraian data dan informasi
tentang Isi anekdot; Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan
public; Sindiran; Unsur humor; Kata dan Frasa idiomatis
3.6.13. Menyimpulkan hasil asosiasi data dan
informasi tentang Isi anekdot; Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan
kepentingan public; Sindiran; Unsur humor; Kata dan Frasa idiomatis
|
4.6. Menciptakan kembali teks anekdot dengan
memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis
|
4.6.1. memverifikasi kesimpulan data dan
informasi tentang Isi anekdot; Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan
kepentingan public; Sindiran; Unsur humor; Kata dan Frasa idiomatis
4.6.2. Mempresentasikan hasil verifikasi data
tentang Isi anekdot; Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan
public; Sindiran; Unsur humor; Kata dan Frasa idiomatis
4.6.3. Mempresentasikan, menanggapi,dan merevisi
teks anekdot yang telah disusun
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikut proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
- Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot.
- Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis
D. Materi pembelajaran
• Isi anekdot
• Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik.
• Sindiran.
• Unsur humor.
• Kata dan Frasa idiomatis
Fakta : isiteks anekdot
Konsep : unsur anekdot
Prinsip : peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan public, Kata dan Frasa Idiomatis
Prosedur : peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi, sindiran, humor, dan penyebab kelucuan
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem
Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah )/ projek
F. Media/alat, Bahan
Media :
- Worksheet atau lembar kerja (siswa)
- lembar penilaian
- Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
- Manusia dalam lingkungan: guru, pustakawan, laboran, dan penutur nativ.
Alat/Bahan :
- Penggaris, spidol, papan tulis
- Laptop & infocus
- Audio: kaset dan CD.
- Audio-cetak: kaset atau CD audio yang dilengkapi dengan teks.
- Proyeksi visual diam: OUT dan film bingkai.
- Proyeksi audio visual: film dan bingkai (slide) bersuara.
- Audio visual gerak: VCD, DVD, dan W.
- Visual gerak: film bisu.
- Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
- Komputer.
G. Sumber Belajar
- Buku penunjang kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia, Kelas X, Kemendikbud, tahun 2016
- Pengalaman peserta didik dan guru
- e-dukasi.net
- http://artikelmateri.blogspot.co.id/2015/11/teks-anekdot-pengertian-ciri-tujuan-contoh-kaidah-struktur.html
- https://sabariman152.wordpress.com/2014/10/16/pengertian-teks-anekdot-ciri-ciri-jenis-struktur-dan-contohnya/
- http://materi4belajar.blogspot.co.id/2016/02/teks-anekdot-pengertian-ciri-dan-struktur.html
- https://id.wikipedia.org/wiki/Anekdot
- http://ceritalucuabiz.blogspot.co.id/2015/01/pengertian-teks-anekdot-ciri-ciri-dan.html
- http://bayushanku.blogspot.co.id/2016/01/struktur-dan-kaidah-kebahasaan-teks-anekdot.html
- http://www.kajianteori.com/2015/09/struktur-teks-anekdot.html
- http://yehezkieldwiputra.blogspot.co.id/2014/06/anekdot.html
- http://www.artikelsiana.com/2014/12/pengertian-tujuan-ciri-anekdot-contoh-anekdot.html
- http://woocara.blogspot.co.id/2015/02/pengertian-struktur-ciri-ciri-dan-kaidah-anekdot.html
LENGKAP :