RPP Materi Hikayat

RPP BAHASA INDONESIA KELAS 10 KURIKULUM 2013 REVISI

RPP Materi Hikayat

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah         : Satuan Pendidikan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X / Ganjil
Materi Pokok : Hikayat
Alokasi Waktu : 2 Minggu x 4 Jam pelajaran @45 Menit

A. Kompetensi Inti

  • KI-1 dan KI-2 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
  • KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
  • KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan


B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.7.    Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis.
3.7.1.    Mendefinisikan tentang Karakeristik hikayat; Isi hikayat; Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
3.7.2.    Mengidentifikasikan tentang Karakeristik hikayat; Isi hikayat; Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
3.7.3.    Mendeskripsikan tentang Karakeristik hikayat; Isi hikayat; Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
3.7.4.    Mengklasifikasikan tentang Karakeristik hikayat; Isi hikayat; Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
3.7.5.    Menemukan data dan informasi tentang Karakeristik hikayat; Isi hikayat; Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
3.7.6.    Mengeksprolasi temuan data dan informasi tentang Karakeristik hikayat; Isi hikayat; Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
3.7.7.    Mendata pokok-pokok isi, karakteristik, dan nilai-nilai dalam hikayat
3.7.8.    Menyusunteks eksposisi berdasarkan pokok-pokok isi, dan nilai-nilai dalam hikayat
3.7.9.    Mentabulasikan hasil eksprolasi data dan informasi tentang Karakeristik hikayat; Isi hikayat; Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
3.7.10.  Menganalisis tabulasi data dan informasi tentang Karakeristik hikayat; Isi hikayat; Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
3.7.11.  Menguraikan hasil analisa data dan informasi tentang Karakeristik hikayat; Isi hikayat; Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
3.7.12.  Mengasosiasikan uraian data dan informasi tentang Karakeristik hikayat; Isi hikayat; Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
3.7.13.  Menyimpulkan hasil asosiasi data dan informasi tentang Karakeristik hikayat; Isi hikayat; Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
4.7.    Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca.
4.7.1.    memverifikasi kesimpulan data dan informasi tentang Karakeristik hikayat; Isi hikayat; Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
4.7.2.    Mempresentasikan hasil verifikasi data tentang Karakeristik hikayat; Isi hikayat; Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).
4.7.3.    Mempresentasikan, menanggapi,dan merevisi,teks eksposisi yang telah disusun

C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikut proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
  1. Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis.
  2. Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca.


D.Materi pembelajaran
• Karakeristik hikayat. 
• Isi hikayat.
• Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).

Fakta : hikayat
Konsep : isi hikayat
Prinsip : karakteristik hikayat
Prosedur :  Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan).

E. Metode Pembelajaran
Pendekatan                 :  Scientific Learning
Model Pembelajaran :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem  
                           Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah )/ projek

F. Media/alat, Bahan
Media : 
  • Worksheet atau lembar kerja (siswa)
  • lembar penilaian
  • Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
  • Manusia dalam lingkungan: guru, pustakawan, laboran, dan penutur nativ.


Alat/Bahan :
  • Penggaris, spidol, papan tulis
  • Laptop & infocus
  • Audio: kaset dan CD.
  • Audio-cetak: kaset atau CD audio yang dilengkapi dengan teks.
  • Proyeksi visual diam: OUT dan film bingkai.
  • Proyeksi audio visual: film dan bingkai (slide) bersuara.
  • Audio visual gerak: VCD, DVD, dan W.
  • Visual gerak: film bisu.
  • Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
  • Komputer.


G. Sumber Belajar 
  • Buku penunjang kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia, Kelas X, Kemendikbud, tahun 2016
  • Pengalaman peserta didik dan guru
  • e-dukasi.net 
  • http://ecy-upha.blogspot.co.id/2012/11/materi-hikayat.html
  • http://www.artikelsiana.com/2014/08/unsur-unsur-hikayat.html
  • http://line-edukasi.blogspot.co.id/2011/10/pengertian-hikayat.html
  • http://pelj-sma.blogspot.co.id/2013/02/hikayat-pengertian-ciri-ciri-dan.html
  • http://shaifull-sh7.mywapblog.com/pengertian-hikayat-dan-contohnya-belajar.xhtml
  • https://id.scribd.com/doc/78515397/MATERI-HIKAYAT
  • http://irawan-busa07.blogspot.co.id/2013/09/materi-bahasa-indonesia-hikayat.html
  • http://www.slideshare.net/adetyapreteers1/hikayat-44674889
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Hikayat
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Hikayat
  • http://www.pengertianahli.com/2014/02/pengertian-hikayat-dan-ciri-hikayat.html
LENGKAP :